Potensial Listrik

Posted on

Potensial listrik adalah banyaknya energi potensial listrik per muatan yang akan diwakili oleh benda bermuatan jika ditempatkan di dalam medan listrik pada tempat tertentu. Konsep potensial adalah besaran yang tergantung dengan posisi – hal ini menyatakan besaran energi potensial  per muatan dasar. Perpedaan potensial istrik merupakan perbedaan potensial listrik diantara dua lokasi dalam suatu medan listrik. Perhatikan Gambar 3 di bawah ini.

Ayo Selidiki!

Ayo Diskusikan!

Jika rangkaian listrik pada ipod mu dianalogikan dengan sirkuit air pada water park, kemudian baterei pada rangkaian ipod akan dianalogikan dengan apa?

Berita Teknologi

Tahukan kalian bahwa tegangan tinggi yang terjadi pada kilat (lightning) itu lebih dari 100.000.000 volt dan hampir 2000 terbunuh oleh sambaran petir tiap tahunnya. Kalaupun selamat maka   akan mengalami hilang ingatan, kepeningan berkepanjangan, lemah dan kaku otot.

Sekarang ambil dua pelat berbeda muatan yang dihubungkan dengan kawat. Apa yang akan terjadi (Gambar 3 dibagian tengah diberi kawat)? Kawat akanberperan sebagai pipa yang mana muatan bisa mengalir. Dapat dikatakan bahwa muatan positif bergerak dari pelat melalui pipa muatan ke pelat negatif. Hal ini, muatan positif akan secara alamiah bergerak searah dengan kuat medan listrik yang dihasilkan dari penyususnan dua pelat berbeda muatan. Seiring berjalannya waktu, jumlah muatan positif dan negatif dua pelat akan pelan-pelan berkurang. Karena kuat medan listrik bergantung pada banyaknya muatan listrik yang ada, maka kuta arus diantara pelat juga akan berkurang kekuatannya. Sampai pada akhirnya kuat medan listrik diantara pelat sangat kecil dan tidak teramati lagi pergerakan muatan diantara pelat. Pelat akan kehilangan muatan dan memiliki potensial listrik yang sama. Dengan tidak adanya perbedaan listrik, maka tidak akan ada aliran muatan.

Ayo Selidiki!

Ayo Diskusikan!

Energi yang dibutuhkan untuk memindahkan +2C muatan yang memiliki beda potensial 12V adalah…

Berita Teknologi

Arus listrik tanpa tegangan atau tegangan tanpa arus listrik? Apa yang mengalir itu bukan tegangan tapi muatan listrik, dan aliran tersebut disebut arus. Tegangan tetap ada tanpa adanay sebuah arus. Jika kalian meletakkan  sebuah muatan, muatan tersebut akan menginduksi tegangan ke seluruh ruangan. Kalian tidak akan mendapatkan arus listrik tanpa adanya tegangan, karena jika ada arus maka ada muatan yang bergerak, dan setiap muatan menghasikan tegangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *