Enzim

Posted on

Enzim merupakan suatu protein yang dibentuk di RNA dan dikenal sebagai biokatalisator. Katalis merupakan agen yang merubah kecepatan reaksi kimia tanpa ikut bereaksi.  Enzim merupakan suatu zat yang sangat benefit bagi mahluk hidup, keberadaan sistem enzim pada mahluk hidup menopang kehidupan, sebagaimana dalam tubuh manusia mislanya saja pada proses pencernaan ditemukan berbagai macam jenis enzim yang merubah makanan menjadi energi. Pada prosesnya ada banyak enzim melibatkan enzim. Enzim-enzim ini terbentuk dari senyawa protein.

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan

Jelaskan penyusun enzim secara biokimia!

Berita Teknologi

Kemajuan teknologi menjadikan hal yang kelihatannya mustahil menjadi mungkin, misalnya saja dengan berhasilnya sinetsa enzim atau hormone insulin, yakni dengan bantuan bakteri yang bisa ditemukan di usus besar, yakni Escheria coli. Teknologi yang digunakna dieknal dengan teknologi plasmid.

Bisa ular merupakan campuran kompleks protein aktif dan polipeptida dan beberapa tambahan sedikit komponen non-protein. Bisa ular memerankan peranan penting dalam melumphkan dan menjadikan diam mangsa yang dimakan, seperti pada saat mencerna setelah menelan.

Fosfolipase A2 (PLA2) adalah salah satu enzim beracun yang utama yang hampir ada di setiap ular. Bisa ular PLA2 menyebabkan pembekuan darah melalui hidrolisis atau pengikatan prokoagulan fosfolipid. Sebagian besar efek racun bisa ular  PLA2 ditekan oleh hidrolisis pada membran fosfolipid.

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan

Jelaskan penyusun bisa ular tersebut dilihat secara kimia organik!

Berita Teknologi

Seperti yang sudah diketahui sebagian banyak orang, bisa ular merupakan penyebab fatalnya nyawa seseorang jika terkena gigitan ular berbisa. Bisa ular ternyata bisa juga digunakan untuk mengatur tekanan darah dan pemebri stimulanimpuls saraf dan otot. Tentunya sebelum digunakan diekstrasi terlebih dahulu dengan proses yang tidak sederhana.

One thought on “Enzim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *