Termodinamika

Posted on

Mesin merupakan contoh alat yang dapat mengubah kalor menjadi energi mekanik. Proses kerja sebuah mesin dapat dijelaskan oleh cabang ilmu fisika, yaitu termodinamika. Termodinamika merupakan ilmu yang mempelajari kalor dan perubahannya. Siklus otto adalah siklus termodinamika yang paling banyak digunakan dalam kehidupan manusia, contohnya adalah pada mobil dan sepeda motor berbahan bakar mesin. Secara termodinamika, siklus ini memiliki 4 buah proses termodinamika yang terdiri dari 2 buah proses isokhorik dan dua buah proses adiabatik.

Gas dalam suatu ruang tertutup dapat mengalami proses pada volume tetap, inilah yang disebut sebagai isokhorik (volume tetap). Dari persamaan gas ideal diperoleh PV = nRT, oleh karena V, n, dan R tetap, maka (P/T) adalah konstan. Atau    .

Gas yang berada dalam ruang tertutup juga dapat mengalami proses adiabatik, artinya tak terjadi perpindahan kalor. Hal ini dapat dilakukan dengan menyelimuti ruang gas dengan bahan yang tidak mudah menghantarkan kalor. Dari persamaan gas ideal, proses adiabatik memenuhi persamaan:  . Dari persamaan gas ideal, PV = nRT, maka diperoleh: , dengan Ƴ konstanta Laplace yang nilainya .

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan: 

Ketika suatu gas ber ekspansi secara adiabatik, terjadi kerja pada lingkungannya. Tetapi jika tidak ada panas masukan ke dalam gas, dari mana energi diperoleh untuk melakukan kerja tersebut?

Berita Teknologi:

 Uap panas keluar dari atas panci bertekanan dengan kecepatan tinggi. Uap itu tidak mempunyai cukup waktu untuk bertukar panas dengan lingkungannya, dan ekpansi mendekati adiabatik. Ketika volume uap meningkat, suhu turun sangat banyak sehingga akibatnya akan terasa sangat dingin bila dipegang. Sumber: www.medanbisnisdaily.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *