Gelombang Elektromagentik

Posted on

Gelombang elektromagnetik (EM) adalah gelombang yang terbentuk dari hasil getaran antara medan listrik dan medan magnetik dan dalam perambatan bisa melalui medium ataupun tanpa medium. Dengan kata lain, gelombang EM terbentuk dari osilasi medan magnetik dan medan listrik. Gelombang elektromagnetik terbentuk ketika medan listrik hadir dan berinteraksi dengan medan magnet. Interaksi ini dikenal dengan ‘gelombang elektromagnetik’.  Medan listrik dan medan magnet dalam gelombang elektromagnetik saling tegak lurus. Selain itu juga tegak lurus terhadap perambatan gelombang EM. Sifat penting gelombang EM adalah memiliki kecepatan konstan 3 x 108 ms-1 pada ruang vakum. Gelombang EM dibelokkan baik oleh medan magnet maupun medan listrik.

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan : Jelaskan perbedaan gelombang elektromagnetik dan gelombang mekanik!

Berita TeknologiTahukah kalian jika radiasi gelombang elektromagnetik sama halnya dengan radiasi partikel bermuatan lainnya bisa memberikan efek pada jaringan tubuh jika terpapar dalam jangka waktu yang lama. Besar kecilnya efek tersebut tergantung dengan frekeunsi gelombang EM tersebut dan akumulasi paparannya.

Gelombang EM membawa energi melalui ruang hampa dengan kecepatan 3 x 108 m/s (nilai kecepatan ini umumnya diwakili dengan symbol c). Perambatan gelombang EM melalui material terjadi dengan kecepatan kurang dari 3 x 108 m/s.

Mekanisme transport energi radiasi melalui medium dengan cara absorpsi dan emisi energi gelombang oleh atom dalam material. Ketika gelombang EM mengenai atom pada material, energi gelombangg EM diserap. Penyerapan energi menyebabkan elektron dalam atom mengalami getaran. Setelah beberapa waktu gerak bergetar, elektron yang bergetar menciptakan gelombang elektromagnetik yang baru dengan frekuensi yang sama dengan gelombang EM pertama. Sedangkan getaran ini terjadi hanya dalam waktu singkat, getaran ini menghambat gerak gelombang EM dalam medium. Saat energi gelombang EM diemisi oleh atom, menjalar ke daerah kecil dari jarak antar atom. Saat  mencapai atom di dekatnya, gelombang EM diserap, mentransformasi ke getaran elektron dna kemudian diemisi sebagai gelombang EM. Kecepatan gelombang EM dapat ditulis:

dengan =panjang gelombang (m) dan =frekuensi gelombang (Hz). Sedangkan energi radiasi matahari bisa diketahui dengan persamaan:  Dengan E= energi radiasi (J), h= konstanta planck (6,64 x 10-34 J.s), f=frekuensi gelombang (Hz)

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan : Berapakah frekuensi dan energi radiasi cahaya tampak ungu jika memiliki panjang gelombang 700 nm saat melintasi udara?

Berita TeknologiTahukah kalian dengan adanya peristiwa emisi dan absorpsi maka kita bisa melihat indahnya dunia akibat karena cahaya tampak (salah satu spektrum gelombang EM). Saat cahaya tampak mengenai suatu benda (daun), akan mengabsorsi frekeunsi gelombnag rentang warna kecuali warna hijau, dan akan mengemisi gelombang dengan frekeunsi yang bersesuaian dengan warna hijau yang akan sampai ke mata kita. Luar biasa bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *