Hemoglobin

Posted on

Hemoglobin adalah protein kompleks yang memiliki daya gabung terhadap oksigen, dan bila bergabung dengan oksigen akan membentuk oksihemoglobin dalam sel darah merah. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein, dan empat gugus heme, yaitu suatu molekul organik dengan satu atom besi. Hemoglobin bereran penting dalam mempertahankan bentuk sel darah merah yang bikonkaf, jika terjadi gangguan pada bentuknya, maka keluwesan sel darah merah dalam melewati kapiler jadi berkurang secara maksimal. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia.

Anemia merupakan berkurangnya kadar eritrosit dan kadar hemoglobin per ml kubik darah dalam tubuh manusia. Defisiensi Fe merupakan salah satu penyebab anemia, tetapi bukan satu-satunya penyebab anemia.

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan: 

Jika seseorang (A) memiliki kadarHb (hemoglobin) 14 dibandingkan dengan seseorang (B) yang memiliki kadar Hb 8 bernapas di udara yang tercemar dan termasuk pencemaran primer, maka adakah perbedaan dalam bernapas pada kedua orang tersebut? Siapakah yang lebih sukar bernapas? A atau B!

Berita Teknologi: 

Sekelompok mahasiswa dari Universitas Telkom Bandung berhasil mengembangkan aplikasi khusus berbasis Android untuk memeriksa kadar hemoglobin dalam darah, perangkat itu diberi nama HbEy. Perangkat tersebut bekerja dengan cara mengambil objek gambar konjungtiva atau bagian bawah  mata. Semakin merah konjungtiva mata, maka makin tinggi kadar hemoglobin seseorang, begitu pula sebaliknya. Sumber: www.Regional.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *