Ikatan Kimia

Posted on

Ozon adalah molekul yang dibentuk oleh tiga atom oksigen, yang terikat lemah dalam penyusunan yang tidak stabil, artinya struktur sebenarnya hanya bisa kita tulis dalam bentuk resonansi. Dalam hal menggambarkan pembentukan ikatan, Lewis menggambarkan dalam bentuk simbol titik (dot). Dapatkah kita menggambarkan struktur molekul CO2 berdasarkan rumus Lewis? Manakah yang paling benar?

Bila terdapat lebih dari satu struktur Lewis yang mungkin, maka kita memerlukan konsep muatan formal untuk menggambarkan rumus tersebut. Muatan formal adalah jumlah elektron valensi dalam atom bebas dikurangi jumlah elektron yang dimiliki oleh atom tersebut dalam keadaan bebas. = ∑elektron valensi atom netral – ( elektron bebas + ½ ∑ elektron ikatan).

Ayo Selidiki

 

Ayo Diskusikan: Ozon adalah lapisan yang berfungi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Di satu sisi ozon sangat melindungi kita, namun di sisi lain ozon juga dapat menyebabkan gatal dan merusak produk-produk dari karet. Dapatkah anda menjelaskannya? Temukan artikel terkait tentang asbut London!

Berita Teknologi: Teknologi ozon sebagai pengawet makanan merupakan alternatif teknologi yang dikenalkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ke masyarakat. Teknologi ini dapat menggantikan penggunaan formalin yang membahayakan kesehatan, namun masih banyak digunakan dalam pengawetan industri makanan. Teknologi ozon mulai dikembangkan Dr. Anto untuk mengawetkan tomat pascapanen di Balai Penelitian Sayuran Departemen Pertanian di Lembang. Tekniknya dengan menggunakan metode pengolahan sterilisasi dengan menggunakan air berizin.Sumber: www.lipi.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *