Lapisan Atmosfer

Posted on

Atmosfer memiliki lapisan yang berbeda tergantung komposisi, gas, suhu dan ketinggian. Lapisan atmosfer yang pertama yaitu troposfer. Lapisan ini merupakan lapisan terdekat di atas permukaan bumi .Troposfer adalah termpat terjadinya cuaca yang kita alami. Hujan, salju, angin dan fenomena cuaca lain terjadi di lapisan ini. Lapisan yang kedua adala  h lapisan stratosfer. Pada lapisan ini, atmosfer lebih tipis karena menurunya tarikan gravitasi. Hanya sedikit pencemar berat yang dapat mencapai stratosfer, karena gravitasi menarik pencemar tersebut sangat kuat sehingga dekat dengan permukaaan bumi. Lapisan pelindung ozon terletak pada lapisan ini. Lapisan ozon menyerap sejumlah besar radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari dan menahannya agar tidak mencapai bumi. Lapisan yang ketiga adalah mesosfer, suhu di mesosfer menurun dengan ketinggian karena terdapat sejumlah kecil ozon di udara untuk menyerap radiasi sinar. Termosfer adalah lapisan atmosfer yang suhunya meningkat cepat. Terdapat sejumlah kecil gas yang memiliki energi kinetik yang tinggi. Eksosfer merupakan lapisan terluar atmosfer bumi (Sumber gambar: artikelnesia.com).

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan:

Ozon adalah lapisan yang berfungi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Di satu sisi ozon sangat melindungi kita, namun di sisi lain ozon juga dapat menyebabkan gatal dan merusak produk-produk dari karet. Dapatkah anda menjelaskannya? Temukan artikel terkait tentang asbut London!

Berita Teknologi: Teknologi ozon sebagai pengawet makanan merupakan alternatif teknologi yang dikenalkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ke masyarakat. Teknologi ini dapat menggantikan penggunaan formalin yang membahayakan kesehatan, namun masih banyak digunakan dalam pengawetan industri makanan. Teknologi ozon mulai dikembangkan Dr. Anto untuk mengawetkan tomat pascapanen di Balai Penelitian Sayuran Departemen Pertanian di Lembang. Tekniknya dengan menggunakan metode pengolahan sterilisasi dengan menggunakan air berizin.Sumber: www.lipi.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *