Sun spot

Posted on

Sunspot adalah wilayah pada permukaan matahari yang gelap, lebih dingin daripada sekitarnya pada permukaan matahari yang disebut dengan fotosfer. Fotosfer memiliki temperatur 5800 derajat kelvin. Sedangkan sunspot memiliki suhu 3800 derajat kelvin. Sunspot kelihatan gelap karena jika dibandingkan dengan kecerahan dan panasnya wilayah di sekitar sunspot. Sunspot sebenarnya merupakan badai pada permukaan matahari yang ditandai dengan intensitas aktivitas magnetik dan penyebab munculnya lidah api serta semburan gas panas dari korona. Para ilmuwan percaya bahwa jumlah sunspot dalam permukaan matahari berulang pada setiap waktu, mencapai puncaknya setiap 11 tahun. Beberapa studi mengindikasikan bahwa aktivitas sunspot untuk belakangan ini terjadi dua kali lipatnya. Hal ini ditandai matahari bersinar lebih terang hanya  0,1 persen daripada yang terjadi 100 tahun yang lalu.

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan: 

Apa penyebab sunspot pada matahari?

a. intensitas medna magnetik meningkat pada fotosfer

b. partikel bermuatan mengalir dalam tata surya

c. noda pada permukaan fotosfer, yang mana lebih panas daripada sekitarnya

d. yang memiliki densitas gas rendah pada korona

Berita Teknologi : 

Banyak ilmuwan iklim setuju bahwa sunspot dan solar wind memainkan peranan penting pada perubahna iklim, tetapi banyak yang memandang hal ini penyebab kecil di Bumi dibandingkan emisi gas aktivitas industri— yang mana memiliki ribuan bukti dari haisl study yang sudah dilakukan.

Gangguan medan magnetik pada atmosfer matahari secara periodik menyebabkan kenampakan baru terlihat.  Kenampakan yang paling jelas adalah sunspot, seperti yang dintujukkan pada Gambar 5, yang mana noda gelap pada permukaan fotosfer.  Sunspot sebenarnya terang, tetapi kelihatan gelap dibandingkan sekitarnya karena suhunya lebih dingin. Sunspot terletak pada daerah yang mana medan magnetik sering terpancar ke fotosfer. Kestabilan noda hitam ini tergantung suhu lebih rendahnya. Sunspot selalu terjadi secara perpasangan dengan kutub magnetik yang berbeda — kutub utara dan selatan mirip dengan kutub magnet.

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan: 

Mengapa sunspot terlihat gelap? A. lebih dingin daripada sekitarnya. B. sunspot adalah lubang pada matahari. C. tidak memiliki medan magnet yang kuat. D. lebih panas daripada sekitarnya.

Berita Teknologi :

 Sunspot merupakan jendela untuk mengintip jiwa medan magnet matahari. Terbentuk dari simpul medan manet raksas, terbentuk dari dalam matahari, menyebabkan penurunan suhu di area tertentu yang terlihat sebagai potongan gelap. Perubahan  julah sunspot mengindikasikan perubahan di dalam matahari. ‘selama perubahan transisi ini, matahari memperlihatkan sisi interior matahari sekilas’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *