Proses Peluruhan

Posted on

Proses peluruhan terjadi secara peluang di alamiah dan dapat dideskripsikan secara statistik. Jumlah inti atom radioaktif yang belum meluruh pada suatu saat, laju perubahan N terhadap waktu adalah:  dengan proses matematik sederhana didapatkan   , dengan N= jumlah materi setelah meluruh dalam waktu t, =jumlah materi mula-mula, =konstanta peluruhan, t=waktu selama peluruhan.

Grafik peluruhan bisa dilihat pada Gambar 7 di bawah ini.

Gambar 7. Grafik peluruhan waktu terhadap jumlah bahan

Ayo Diskusikan: 

Isotop karbon -14,  merupakan radioaktif dan memiliki waktu paruh  5730 tahun.  Jika awal mula ada 1000 inti karbon-14, berapa banyak inti atom yang belum meluruh setelah 25000 tahun?

Berita Teknologi: 

Pengobatan dengan inti atom menggunakan radiasi sebagai penyedia informasi tentang fungsi organ tertentu pada manusia, atau untuk mentreatmen penyakit. Dalam banyak kasus, informasi digunakan oleh ahli kesehatan untuk mendiagnosa sakit pasien.  Kelenjar tiroid, tulang, jantung, hati dan banyak organ lainnya yang dapat dengan mudah dicitrakan, dan kerusakannya dapat terlihat. Dalam beberapa kasus radiasi dapat digunakan untuk merawat penyakit dalam organ atau tumor.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *