Kerusakan Akibat Radiasi

Posted on

Kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi bergantung pada daya tembus radiasi. Partikel alfa dapat menyebabkan kerusakan yang luas, tetapi daya tembusnya dangkal pada bahan dikarenakan interaksi yang kuat dengan partikel bermuatan lainnya. Neutron tidak berinteraksi dengan gaya listrik dan oleh sebab itu daya tembusnya lebih dalam, menyebabkan kerusakan yang signifikan. Sinar gamma merupakan foton dengan energi tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan yang hebat, tetapi melewati bahan begitu saja tanpa terjadi interaksi. Ada banyak satuan yang digunakan untuk mengukur jumlah, dosis atau radiasi yang berinteraksi dengan bahan. Satu rad yakni jumlah radiasi yang meningkatkan energi yang diserap 1 kg bahan sebesar 1×102 J.

Walaupun rad merupakan satuan dalam fisika yang cocok, ternyata satuan yang tidak cocok untuk mengukur tingkat kerusakan biologis yang disebabkan oleh radiasi karena kerusakan tergantung tidak hanya dosis tapi juga tipe radiasi. Sebagai contoh, sejumlah dosis partikel alfa menyebabkan sepuluh kali kerusakan biologis daripada dosis yang sama sinar-X

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan: 

Apa yang dapat kalian simpulkan dari kerusakan akibat radiasi dimulai dari penyebab dan faktor-faktor yang mempengaruhinya!

Berita Teknologi: 

Level rendah radiasi dari sumber alami seperti sinar ksomik dan batuan radioaktif dan tanah melepas radiasi ke kita dengan dosis mendekati 0.13 rem/tahun. Radiasi ini, disebut sebagai background radiation, bervariasi dengan keadaan geografi di suatu tempat, dengan faktor utama adalah ketinggian (terekpos sinar kosmik) dan keadaan geologi (gas radon dilepas oleh beberapa formais batuan, endapan mineral radioaktif alamiah.

Faktor RBE (relative biological effectiveness) untuk jenis radiasi merupakan jumlah rad radiasi sinar –x dan gamma yang menghasilkan kerusakan biologis  yang sama dengan 1 rad radiasi yang sedang digunakan.  Faktor RBE untuk tipe radiasi yang berbeda diberikan oleh Tabel 1 dibawah. Nilai tersebut hanya mendekati karena sangat bervariasi dengan energi partikel dan bentuk kerusakannya. Jadi, rem (radiation equivalent in man) merupakan hasil perkalian dosis dalam rad, dan faktor RBE: Dose in rem = dose in rad x RBE

Tabel 1 beberapa rentang nilai RBE dari berbagai tipe radiasi

Ayo Selidiki

Ayo Diskusikan:

Suatu partikel alfa menyebabkan radiasi yang diserap seorang pasien adalah 5 rem. Berapakah dosis yang diterima psien tersebut dalam rad? Berapa energi radiasi yang diserap pasien?

Berita Teknologi: 

Batas paparan radiasi paling tinggi menurut pemerintah U.S adalah mendekati  0.5 rem/tahun. Banyak pekerjaan yang terkena paparan radiasi tinggi, sehingga batas atas 5 rem/tahun telah ditetapkan untuk paparan seluruh tubuh.  Sebagai batas paling atas  yang masih diperbolehkan mengenai bagian tubuh seperti tangan dan lengan bawah.. dosis 400 sampai 500 rem menghasilkan angka kematian mendekati 50% (yang mana separuh dari orang yang terkena paparan level radiasi ini meninggal). Bentuk paparn radiasi yang plaing berbahaya untuk kebanyakan orang yakni menelan atau menghirup isotope radioaktif , khususnya isotope dari unsur-unsur yang ditahan dan bereaksi di dalam tubuh, seperti Sr-90. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *